HIDROPONIK SISTEM TETES

Sistem Tetes atau Drip System merupakan salah satu dari teknik Hidroponik yang umum digunakan karena cara kerjanya yang cukup sederhana. Sistem ini menggunakan timer untuk mengatur penetesan air nutrisi pada tanaman.

Ada 2 macam Sistem Tetes :

Yang pertama adalah sistem tetes putar atau sirkulasi, jadi pada sistem ini air nutrisi yang digunakan untuk menetasi tanaman akan jatuh lagi mengalir lewat akar ke suatu penampung yang nantinnya dari tempat penampung tersebut akan ditetes kan lagi pada tanaman.
Namun karena jika memakai jenis sistem tetes yang ini dapat mengubah PH air yang tentunya tidak baik untuk tanaman maka dibutuhkan pengecekan secara rutin.

Yang Kedua adalah sistem tetes habis atau non-sirkulasi, jadi pada sistem ini air nutrisi yang digunakan tidak didaur ulang,tapi langsung dibuang kalau ada kelebihan,,walau terkesan boros namun sebenarnya bila kita mengatur timing yang pas untuk penetesan sehingga sebagian besar air nutrisi terserap oleh tanaman maka air yang terbuang pun sedikit

Berikut penampakan dari Metode Hidroponik sistem tetes: 




Nah itulah teknik kedua dari hidroponik,Sistem Tetes. Semoga postingan Panchids yang ini juga bermanfaat untuk anda! Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment