CARA SEMAI BENIH MENGGUNAKAN ROCKWOOL


 



Jika anda ingin menanam tanaman secara hidroponik maupun konvensional, tentu saja langkah awalnya adalah menyemai benih tanaman, Nah dibawah ini akan kami utarakan langkah langkah semai benih tanaman.

  1. Potong rockwool menjadi bagian kecil bisa 1.5×1.5×1.5 cm, atau 2x2x2 cm, atau sesuai  kebutuhan anda, sesuaikan dengan besar netpot dan jenis tanaman, usahakan jangan terlalu besar biar irit.

  2. Setelah dipotong, rendam potongan rockwool dengan air biasa. Setelah direndam dan basah semua, kibaskan rockwool biar tidak terlalu banyak air.
  3. Buat lubang pada rockwool, besar nya sesuaikan dengan besar benih yang akan disemai
  4. Taruh benih pada lubang yang telah dibuat, untuk sayuran daun seperti sawi,pakcoy,lettuce anda bisa menaruh 2 benih tiap rockwool, untuk kangkung, seledri anda bisa menaruh sampai 4-5 benih.
  5. Setelah semua rockwool untuk semai sudah dikasih benih, tutup dengan plastic warna hitam dan letakkan ditempat tanpa sinar matahari
  6. Setelah 1-3 hari cek tanaman setiap hari, jika sudah ada yang bertunas, silahkan pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari
  7. Usahakan pengenalan sinar matahari tidak telat supaya tidak terjadi etiolasi / kutilang pada benih yang kita semai.
  8. Siram / semprot benih yang sudah berdaun menggunakan air biasa pagi dan sore
  9. Jika daun sudah 4 benih siap pindah tanam ke media hidroponik yang sudah anda siapkan.
  10. Catatan, selama proses semai hanya gunakan air biasa tanpa nutrisi hidroponik. Nutrisi hidroponik digunakan setelah benih pindah tanam.
  11. Selamat mencoba dan semoga sukses!!
Jika anda ingin menanam secara hidroponik anda juga harus menyiapkan media untuk pindah tanam, misalnya menggunakan sistem wick atau sumbu, atau rakit apung atau juga menggunakan sistem NFT.
Untuk pemula biasanya yang paling mudah dan gampang adalah menggunakan sistem wick atau sistem sumbu. Anda bisa menggunakan botol bekas minuman untuk menanam tanaman terutama sayuran daun.

Silahkan bergabung di grup facebook Pasar Hidroponik Bali

No comments:

Post a Comment